Thursday, September 12, 2013

Adodb - lib php untuk koneksi ke database

Ini berawal dari tulisan dari php.net yang menyebutkan kalau kedepannya fungsi-fungsi dari library mysql di php tidak akan digunakan lagi. Sebagai contoh mysql_connect. Didalam helper php tertulis kalau fungsi tersebut deprecated. Dan akan dihilangkan di versi php terbaru.

Setelah Install compile php 5.5.3 versi release, memang terasa sekali apabila aplikasi yang kita buat menggunakan koneksi ke database khususnya mysql. Karena saat menggunakan perintah mysql_connect secara otomatis akan keluar error. Dimana error tersebut menyebutkan kalau fungsi tersebut sudah tidak ada di php.

Bisa dibayangkan? apabila dalam membangun aplikasi berbasis php tanpa framework? Atau library pendukung dalam koneksi database? Bisa merubah banyak code di beberapa tempat.

Library php adodb sangatlah cocok untuk para pengembang php sebagai library koneksi ke database. Kenapa? karena library adodb ini memiliki kemampuan untuk menjembatani koneksi antara php dan database. Database yang disupportnya tidak tanggung-tanggung. Sudah terbilang banyak diantaranya mysql, sybase, oracle postgress dll. Untuk lebih detilnya bisa di lihat disini untuk mengetahui driver2 apa saja yang sudah di support oleh adodb.

Selain mensupport banyak driver ke beberapa database, adodb ini juga memiliki teknik untuk membantu kita dalam keamanan query. Supaya menghindari kita dari cracking yang namanya query injection. 

Salah satu fitur yang luar biasa dari library adodb ini adalah library ini sudah menssuport Object Relation Mapping (ORM). Sebuah feature yang simplenya adalah melakukan pengolahan data di database layaknya OOP.

Lib adodb ini juga memiliki fiture debug query. Dimana kita bisa dengan mudah menemukan query yang bermasalah jika debug ini di nyalakan. Fitur debug ini sangat membantu sekali dalam pengembangan aplikasi berbasis php. Dan sangat terasa jika proses yang digunakan bertingkat dan beruntut. Jika 1 atau 2 query dan menggunakan 1 table, ga begitu membutuhkan query debuger ini.

So, buat apa berfikir lagi untuk membuat koneksi database, memfilter sini situ untuk menghindari query injection jika sudah ada library yang siap pakai, free dan opensource pula. Tinggal download, load library dan membuat kita coding akan lebih mudah dan menyenangkan.

Share this

2 Responses to "Adodb - lib php untuk koneksi ke database"