Thursday, October 1, 2015

SSH Tunnel - Binding


Semua server yang bisa di akses oleh customer melalui jaringan internet, adalah server yang memiliki ip public. Ataupun server yang di beri routing akses oleh sebuah router supaya bisa di akses oleh pengguna internet, dengan catatan router harus bisa menjangkau server.


Bagaimana kalau server local tidak memiliki ip public / tidak terjangkau router?

Nah, disini diperlukan sebuah cara untuk membuat sebuah jalur khusus dengan model ssh tunnel atau binding atau port forwarding. Supaya server local yang tidak bisa di jangkau oleh router bisa dijangkau. Persyaratan pembuatan ssh binding ini, server local harus bisa menjangkau server router / server public yang nantinya bisa di akses oleh konsumen pengguna internet.

Langkah pembuatan ssh binding.

Untuk kali ini, ke 2 server baik itu local maupun server public menggunakan OS dengan kernel linux. Yang perlu dipersiapkan adalah:
  1. Akses shell di server router atau server yang memiliki ip public.
  2. Akses root untuk server local guna open port nantinya.
Langkah-langkahnya:
  1. Buka terminal di komputer local.
  2. Lakukan proses ssh dengan menambahkan parameter untuk forwarding nya.  ssh -R [port_tujuan]:localhost:[port_local] [user_server]@alamat_server. Misal: ssh -R 8080:localhost:80 webappid@webappid.dyangalih.com
  3.  Setelah login, maka server public akan open port dengan listen 8080.
  4. Jika sukses, maka pengguna internet dapat akses server local dengan cara webappid.dyangalih.com:8080, nanti nanti yang akan melayani proses request dari pengguna internet adalah server local, dan server public hanya sebagai perantara saja.

Kesimpulan.

Dengan langkah ini maka kita tidak perlu repot-repot untuk membuat jaringan khusus bahkan sampai punya server sendiri untuk mempublish informasi dikomputer local kita. Cuman bermodal server public yang memiliki ip public serta punya akses shell / bash ke server tersebut, kita bisa membuat jalur khusus untuk akses ke local kita, walaupun internet yang kita gunakan adalah internet dengan operator sembarang yang tidak memiliki ip public.

Share this

3 Comments to "SSH Tunnel - Binding"

Post a Comment