Friday, October 12, 2012

Web App Framework


Apa itu Web App Framework?

Kenapa harus pake framework? Mungkin ini salah satu pertanyaan yang bagus untuk mengetahui manfaat framework lebih jauh.

Web Appliaction framework adalah sebuah kerangka kerja perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung pengembangan situs Web dinamis. Didalam framework ini sendiri sudah terkandung beberapa feature yang sangat membantu dalam membuat web applikasi. Diantaranya:



  1. Security
    Beberapa framework sudah memiliki feature otentikasi (Authentication) dan otorisasi (Authorization), yang memungkinkan web server untuk mengidentifikasi pengguna aplikasi, dan membatasi akses ke fungsi berdasarkan beberapa kriteria yang ditetapkan.
    • Authentication
      Otentikasi adalah tindakan membentuk atau menyatakan sesuatu (seseorang) sebagai otentik, yaitu bahwa klaim yang dibuat oleh sesuatu (seseorang) atau tentang subjek adalah benar.
    • Authorization
      Otorisasi adalah fungsi menentukan hak akses terhadap sumber daya, yang berhubungan dengan keamanan informasi dan keamanan komputer pada umumnya dan kontrol akses pada khususnya.
  2. Database access and mappingBanyak aplikasi web kerangka menciptakan API bersatu ke backend database, memungkinkan aplikasi web untuk bekerja dengan berbagai database tanpa perubahan kode, dan memungkinkan programmer untuk bekerja dengan konsep tingkat yang lebih tinggi. Contoh : lib adodb
  3. URL mapping
    Sebuah pemetaan sistem URL yang menggunakan pencocokan pola atau penulisan ulang URL yang memungkinkan lebih "ramah" digunakan, meningkatkan kesederhanaan situs dan memungkinkan untuk mengindeks lebih baik oleh search engine.URL dengan akhiran "/page.cgi?cat=science&topic=physics" dapat di ganti menjadi lebih simple seperti "/page/science/physics"
  4. Web template system
    Sebuah sistem template Web menggambarkan perangkat lunak dan metodologi yang digunakan untuk menghasilkan halaman web dan untuk ditempatkan di situs Web dan pengiriman melalui Internet. Seperti proses sistem web template, menggunakan mesin template.
    Contoh Template engine untuk php antara lain:
    • Smarty
    • patTemplate
    • Mytemplate
    • TinyButStrong
    • VlibTemplate 
  5. CachingWeb cache adalah cache dari dokumen web (misalnya, halaman HTML, gambar) untuk mengurangi penggunaan bandwidth, server load, dan lag dirasakan.
  6. AjaxAjax, singkatan dari "Asynchronous JavaScript dan XML", adalah teknik pengembangan web untuk menciptakan aplikasi web interaktif.
  7. Web servicesA web service (webservice) didefinisikan oleh W3C sebagai sebuah sistem software yang dirancang untuk mendukung interaksi interoperable (kemampuan menghubungkan operasi) mesin-ke-mesin melalui jaringan
  8. SOAP
    SOAP (Simple Object Access Protocol) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.
  9. WSDLWSDL (Web Services Description Language) adalah fromat XML yang diterbitkan untuk menerangkan web service.
Dari sekian banyak feature, tidak semua framework memilikinya. Paling tidak beberapa feature tersebut terdapat didalamnya.

Dengan menggunakan framework, kita tidak perlu lagi berfikir bagaimana caranya untuk membuat sebuah koneksi, membuat keamanan, membuat library-library untuk teknologi ajax tapi hanya tinggal menggunakannya sesuai dengan aturan yang berlaku di dalam framework tersebut.

Share this

0 Comment to "Web App Framework"

Post a Comment