Thursday, November 5, 2015

SOA - Service-oriented architecture

 

Apa Itu SOA?

SOA atau kepanjangan dari Service-oriented architecture adalah sebuah bentuk arsitektur berbasis service sebagai pendekatannya untuk berkomunikasi antar komponen melalui jaringan.

Apa itu WebService?

Webservice adalah sebuah layanan komunikasi antar komponen yang menggunakaan jaringan komputer dan berjalan di atas layer protokol http. Webservice ini macamnya banyak sekali, bisa SOAP, RestFull API, XML-rpc, JSON-rpc dan masih banyak lagi.


Konsep SOA.

SOA dirancang berdasarkan pada kosep layanan / service. Pendekatan untuk penerapan SOA ini pun banyak sekali dan luas. Untuk pembahasan SOA kali ini, pendekatan yang akan di arahkan adalah 1x pengembangan layanan penyedia data, tapi bisa di gunakan untuk berbagai komponen.

Sebagai contoh jika kita mengembangkan aplikasi dengan multiplatform dan multi bahasa pemrograman dibutuhkan sebuah langkah atau pendekatan pengembangan dengan 1 kali pengembangan tapi bisa digunakan oleh semua komponen. 

Untuk mendapatkan konsep ini, maka akan terbagi menjadi 2 kelompok besar yang akan di jembatani oleh webservice. 
  1. Sebagai penyedia layanan / service
    Sebagai penyedia layanan ini bisa menggunakan banyak macam bahasa pemrograman diantaranya php, nodejs, pyton, perl, C, dan masih banyak lagi. 

  2. Client pengguna layanan / service
    Sebagai pengguna layanan ini bisa berupa browser dan bahasa pemrograman yang digunakan javascript, desktop dan bahasa pemrograman yang digunakan salah satunya java SE, mobile dan bahasa pemrograman yang digunakan salah satunya java android, dan server dan bahasa pemrograman yang digunakan sama dengan point 1.
Persyaratan yang harus di penuhi adalah, format message untuk berkomunikasi antara penyedia layanan dan pengguna layanan harus sudah dibuat standard dan di mengerti oleh kedua belah pihak.

Goal Dari SOA

Goal akhir dari pengembangan aplikasi berbasis SOA adalah
  1. Pemisahan antara penyedia layanan dan pengguna layanan
  2. Pengembangan penyedia layanan 1x saja tapi sebanyak apapun pengguna layanan effort untuk pengembangan penyedia layanan bisa di kurangi bahkan bisa di bilang 0% pengembagan.

Kesimpulan

Dari ulasan sekilas diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi berbasis SOA sangat berguna untuk pengembangan single platform tapi jika ingin dikembangan menjadi multiplatform effort pengembangannya hanya berada di sisi pengguna layanan saja.

Semoga bermanfaat.

Share this

0 Comment to "SOA - Service-oriented architecture"

Post a Comment