Wednesday, November 21, 2012

Pengenalan Web Service

Apa itu web service? Kalau di ambil dari wikipedia, arti dari web service adalah:

A Web service is a method of communication between two electronic devices over the World Wide Web.

Kalau menurut bahasa indonesia, web service itu merupakan sebuah teknik untuk berkomunikasi 2 atau lebih alat elektronik melalui media world wide web atau dikenal dengan www.

Kenapa ini diperlukan? Ini karena kebutuhan akan pertukaran data / informasi anatara kedua device tersebut. Sebagai contohnya adalah, facebook memberikan web api service untuk posting melalui applikasi lain. Dan salah satu contoh applikasi lain yang memanfaatkan feature ini adalah twitter. Di settingan twitter ada option untuk mengirimkan twit kita ke facebook secara otomatis. Dan saat post ke twitter, tidak perlu kita login ke facebook karena twitter sudah memiliki authorisasi di facebook saat pertamakali opsi kirim ke facebook di aktifkan.


Sebagai ilustrasi bisa dilihat gambar dibawah ini:




Pertamakali user menjalankan applikasi 1 yang ada di server 1. Secara normal maka data yang diambil untuk diolah bisa di dapat dari database miliknya. Tapi, karena ada kebutuhan informasi yang lintas applikasi(seperti twitter dan facebook) maka applikasi 1 akan meminta ke applikasi 2 data-data yang di butuhkan. Untuk melakukan request ke applikasi 2 di butuhkan sebuah methode authentikasi yang telah di sepakati atau sudah dibuat oleh applikasi 2. Dan applikasi 1 hanya mengikuti aturan main authentikasi dari applikasi 2. 

Setelah proses authentikasi di lewati dan data yang dibutuhkan ada sesuai dengan parameter yang dikirimkan oleh applikasi 1, maka applikasi 2 akan mengembalikan / meresponse dengan sebuah data yang sudah di sepakati. Dan data yang dihasilkan oleh applikasi 2 dapat dinikmati oleh user tanpa dia harus login ke applikasi 2. Cukup login di applikasi 1 saja.

Dengan mekanisme seperti ini, memiliki banyak kelebihan antara lain:
1. User tidak perlu lagi login ke 2 applikasi kalau akan mempergunakan data yang di butuhkan.
2. Web service tidak mengharuskan kedua belah applikasi memiliki bahasa pemrograman yang sama. Contoh: Applikasi 1 menggunakan php dan applikasi 2 menggunakan java.
3. Memperkecil celah keamanan dibandingkan langsung berkomunkasi dengan database yang lain.

Beberapa contoh teknik web service adalah:
1. SOAP
2. REST
3. RPC(json-rpc dan xml-rpc)

Kesimpulan: web service merupakan salah satu teknik aman yang bisa dijadikan alternatif dalam pertukaran data ataupun informasi antara 2 atau lebih device elektronik melalui media www.

*Semoga Bermanfaat*

Share this

0 Comment to "Pengenalan Web Service"

Post a Comment