Tuesday, November 27, 2012

Belajar php dasar - Mengenal Variable

Apa itu variable? Dan kenapa harus menggunakan variable? Apakah kita pernah mengenal variable? mungkin temen-temen secara tidak sadar pernah bertemu dengan yang namanya variable, cuman pada saat itu belum mengetahui. Penulis ambil contoh matematika ini: A=B+C; Jika B=5 dan C=10 maka A akan di ketahui. Nah, dengan contoh tersebut maka bisa diterjemahkan kalau sebenarnya A, B dan C itulah variable dalam bahasa pemrograman. Jadi, sebenarnya sejak dari sekolah sudah di ajarkan variable. 

Dan bisa disimpulkan bahwa sebenarnya variable adalah sebuah penampung data yang nantinya akan di olah untuk dijadikan sebuah informasi yang penting. Dan ditiap-tiap bahasa pemrograman memiliki beberapa perbedaan dalam mendefiniskan variable. Ada yang perlu di deklarasikan terlebih dahulu ada yang tidak perlu. 

Php adalah salah satu bahasa pemrograman Loosely Typed Language. Dimana tidak perlu mendeklarasikan variable tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan untuk penampungan data. Dan juga tidak perlu mendefinisikan terlebih dahulu variable ini bertipe apa? string, integer atau yang lain. Dengan kata lain, ini mempermudah temen-temen yang baru belajar pemrograman supaya dapat mengenal variable lebih mudah. 

Kenapa variable di php tidak perlu di definisikan terlebih dahulu, apakah itu string, integer atau yang lainnya? Ini di karenakan php memiliki kemampuan konversi otomatis data yang ada dalam variable tersebut tergantung dari tipe data yang ada di dalam variable.

Bagaimana menggunakan variable di php dan aturan-aturan dalam pembuatan variable? 
  • Variable di php diawali dengan tanda $ dan kemudian di ikuti dengan nama variable yang di maksud. Contoh: $nama.
  • Nama variable harus di awali dengan huruf atau dengan garis bawah. Contoh: $nama, $_nama
  • Nama variable hanya berisi dengan huruf dan angka serta garis bawah. (A-z, 0-9, and _ )
  • Untuk pembuatan variable tidak boleh ada spasi. Jika akan ada spasi, ganti spasi tersebut dengan garis bawah (_)
  • Variable di php memiliki aturan case sensitif dimana karakter besar dan kecil di bedakan. Contoh: $nama dan $Nama
Dari penjelasan diatas, maka bisa kita contohkan untuk pembuatan variable di php. Kita ambil contoh dari contoh pengenalan variable diatas, maka kalau contoh diatas diubah dalam bahasa pemrograman php akan menjadi seperti ini:

<?
   $B=5;
   $C=10;
   $A=$B+$C;

   echo $A;
?>
Dan nanti yang akan keluar di browser adalah angka 15. Mudah bukan?

Bagaimana kalau variable tersebut berupa kumpulan huruf dan bukan angka? Mungkin selama ini di matematika dasar hanya di kenalkan penampung untuk angka saja, tetapi di bahasa pemrograman, varibale juga bisa di gunakan untuk menampung huruf. 

Contoh:

<?php
   $nama="Web App Id";
   $blog="http://webappid.blogspot.com/";

   echo $nama . " memiliki blog dengan alamat " . $blog;
?>

Maka nanti yang akan keluar di browser adalah
Web App Id memiliki blog dengan alamat http://webappid.blogspot.com

Mungkin yang jadi pertanyaan adalah, kenapa harus dibuat variable khan dengan cara langsung aja bisa. Seperti contoh dibawah ini:

<?php
   echo "Web App Id memiliki blog dengan alamat http://webappid.blogspot.com"
?>

Akan menghasilkan tampilan yang sama di browser. Jadi, kenapa harus di masukkan ke dalam variable terlebih dahulu. Untuk jawaban ini mungkin bisa dijawab dengan contoh dibawah ini:

Tampilkan tulisan dibrowser dengan tulisan ini:

Selamat datang di Web App Id blog, ini merupakan kumpulan celoteh terkait dengan pemrograman web yang di tulis oleh Web App Id. Jadi nanti Web App Id akan mencorat-coret seputar pemrograman web, mulai dari dasar kemudian medium dan diusahakan expert. Salam Web App Id.

Dari tampilan diatas mungkin juga bisa hanya dengan menuliskan code seperti dibawah ini:

<?php
   echo "Selamat datang di Web App Id blog, ini merupakan kumpulan celoteh terkait dengan pemrograman web yang di tulis oleh Web App Id. Jadi nanti Web App Id akan mencorat-coret seputar pemrograman web, mulai dari dasar kemudian medium dan diusahakan expert. Salam Web App Id.";
?>

Nanti yang akan muncul ditampilan browser adalah sama seperti yang di inginkan. Tapi, bagai mana kalau Web App Id itu diganti dengan WebAppId? Berarti harus mengedit 1-1 tulisan yang berkata "Web App Id" menjadi tulisan "WebAppId". Benar bukan? Bagaimana kalau codenya di ubah menjadi seperti ini:

<?php
   $nama="Web App Id";
   echo "Selamat datang di ".$nama." blog, ini merupakan kumpulan celoteh terkait dengan pemrograman web yang di tulis oleh ".$nama.". Jadi nanti ".$nama." akan mencorat-coret seputar pemrograman web, mulai dari dasar kemudian medium dan diusahakan expert. Salam ".$nama;
?>

Dengan cara diatas, maka akan lebih mudah kalau "Web App Id" akan di ganti dengan "WebAppId". Hanya dengan mengganti data yang ada di variable $nama saja sudah cukup akan mengganti semuanya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa variable merupakan sebuah simbol atau penampung di dalam bahasa pemrograman yang berguna untuk mempermudah dalam pengolahan data baik itu berupa angka atau huruf.

*semoga bermanfaat*

Referensi : w3schoolsphp-variable

3 comments:

  1. matab nih artikel php dasar nya.

    Kunjugi juga - http://kursuswebdisurabaya.blogspot.com/2014/08/kursus-php-surabaya.html

    ReplyDelete